Besok, Wapres JK Buka Pertemuan Saudagar Bugis Makassar XVII

By Admin

nusakini.com--Wakil Presiden M Jusuf Kalla akan memberi sambutan dan membuka Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XVII di Hotel Four Points, Sabtu 1 Juli 2017 di Makassar.  

Dengan tema Sukses di Rantau Membangun Kampung Halaman, Jusuf Kalla mengatakan bahwa kita harus tetap menggelorakan semangat berusaha, karena dengan wirausahalah bangsa Indonesia bisa maju.

Ketua Pantia PSBM XVII Rusdi Rosman, mengungkapkan pada intinya PSBM XVII ingin menumbuhkan semangat kewirausahaan, mengingat masyarakat Sulawesi Selatan dengan kultur yang ada bisa meningkatkan semangat kewirausahaan, semangat kebersamaan dan sinergitasnya.

“PSBM merupakan pertemuan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada dunia usaha yang lebih berkualitas. Juga kepada pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Rusdi.

Ia mengungkapkan bahwa para perantau yang sebagian merupakan saudagar diharapkan menjalin sinergi dan membangun kampung halaman sebagaimana tema PSBM XVII, “Sukses Di rantau Membangun Kampung Halaman”. “Seperti diingatkan Pak JK, di Indonesia dengan ratusan etnik, ragam bahasa dan berbagai agama dan kepercayaan, kita harus merawat semuanya menjadi modal sosial untuk membangun bangsa.”

Sedangkan khusus buat warga Sulawesi Selatan, harus dikuatkan persaudaraannya, dikuatkan jiwa kewirasuasahaannya, dan juga sinerginya," jelas Rusdi.

Menurut Rusdi yang juga Dirut Indofarma tersebut, salah satu tujuan PSBM agar mereka yang sudah sukses di kota dan di daerah lain, jangan sampai melupakan kampung, jangan lupa membangun kampung halaman.

Karena itu, salah satu agenda PSBM XVII adalah menampilkan orang-orang sukses di luar Sulawesi Selatan. "Buat saudagar yang berhasil di luar, kita ingin kisah mereka meraih kesuksesan dibagi, bagaimana sepak terjang perjuangannya, bagaimana sejarahnya. Nah inilah yang kita ingin dapatkan dari PSBM."

Menurut Sekretaris Panitia, Nur Amin, peserta PSBM sekitar 1.000 orang saudagar-saudagar Bugis Makassar, Mandar dan Toraja dari seluruh Indonesia, termasuk dari New York, Australia Barat, dan Korea Selatan.

Agenda acara hari ini, peserta diajak city tour, se;lanjutnya pada malam ini, jamuan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Gubernuran. Keesokan harinya pada 1 Juli, pembukaan PSBM XVII oleh Wapres Jusuf Kalla, kemudian siangnya acara forum bisnis dan sukses story dengan nara sumber, Raja Sapta Oktohari Odang (OSO Grup) Sadikin Aksa (Bosowa Grup) Andi Syamsuddin Arsyad (Jhonlin Grup) dan Dasril Sahari (pengusaha/Ketua HIMI Papua).

Adapun sore hari, dilanjutkan dengan forum bisnis sesi II, dengan pembicara Zumi Zola Zulkifli (Gubernur Provinsi Jambi), Rita Widyasari Syaukani (Bupati Kutai Kartanegara), dan Kadir Karding (anggota DPR RI).

Malam hari di rumah jabatan Walikota Makassar, PSBM ditutup setelah diadakan ramah tamah.(p/ab)